Tag

, ,


kuburan biduak

kuburan biduak (Haluan, Minggu9 September 2012)

Di salah satu sudut menuju Pelabuhan Panasahan Painan, kita akan menemukan tapian dimana biduak yang sudah rusak, biduak yang sedang diperbaiki atau biduak yang tak digunakan lagi “diparkir”. Nelayan atau pemilik perahu meninggalkan begitu saja dan lambat laun beberapa menjadi  bangkai. Mungkin ini semacam kuburan biduak.

Biduak sendiri jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah semacam perahu. Biduak merupakan alat tangkap atau transpourasi laut atau air yang digunakan oleh masyarakat Painan. Para nelayan menggukan juga alat ini untuk menangkap ikan, atau membawa peralatan bekal ke Bagan (Kapal pencari ikan ke tengah lautan).

Di sebelah kuburan biduak ini terdapat tanaman mangrove, menjadikan lokasi ini menjadi eksotik dan memiliki sisi keheningan yang menarik. Apa lagi jika musim arus kecil bagain-bagian disekirat kuburan biduak menampilkan sisi tumpukkan bagian-bagian biduak yang berserakkan.

Begitupun juga bagian biduak yang tidak terawat lagi, bedera yang sudah kusam, tiang-tiang lapuk dan lampu-lampu yang sudah tak berfungsi, semua menjadi bagian yang disuatu sisi dianggap sia-sia namun disisi lain teramat menarik untuk diabadikan.

 

Iklan