Tag

, , , ,


Sijunjung, tugu tentara dan petani

Sijunjung, tugu tentara dan petani

Akhirnya saya lengkap mengelilingi Sumatera Barat, walau kebanyakkan hanya menyingggahi pusat kabupaten atau kota, tidak beberapa yang sempat ditelusuri lebih ke dalam. Kesinggahan yang hampir bersifat formalitas atau rutinitas kerja. Mentawai, hingga Aie Bangih Pasaman Barat, Solok Selatan, Damasraya, dan kabupaten yang paling terakir saya kinjungi adalah Sijunjung.

Nah dari begitu banyak kesinggahan saya, sebisa mungkin memotret apa saya yang bisa menjadikan suatu penanda pernah berada dilokasi ini. Namun karena ini bukan perjalan antropolog yang deskriptif, perjalan kerja saya yang lebih bersifat terjadwal menyebabkan sangat terbatasnya kesempatan untuk eksplorasi.

Begitupun di kota Sumatera Barat terakir yang saya kunjungi kira-kira bulan April 2012, tentunya ini suatu yang mesti dirayakan, walaupun hanya dalam tulisan esai foto ini. Saya tak punya deskripsi yang ditail tentang kota ini, datang pada malam hari, kehabisan tempat penginapan kami meninginap dirumahnya temannya Bang Herman. Maka berlalulah hari yang dengan terlelap. Pagi yang berkabut, tugu tentara dan petani, kota yang sepi disiang hari dan deretan pimpinan DPRD dari masa kemasa adalah pilihan saya kali ini. Semuanya di sajikan hitam-putih.

Snjunjung di pagi yang berkabut

Snjunjung pada pagi yang berkabut

Pejalanan kerja mendampingi komandan B-12 bersama tim Bang Herman. Bang Pen, Buya (yang saya lupa namanya) dan Uda Akong adalah perjelanan penggenapan saya mengelilingin Sumatera Barat. Perjalanan yang mengunjungi rana-ranah formal seperti kantor bupati, DPRD dan berlalulah hari. Namun karena sebuah keinginan meninggalkan penanda maka inilah dia Sijunjung dalam jepretan terbatas saya, tugu burung garuda adalah punutup yang pas untuk kembali melanjutkan perjalanan, semoga ternikmati.

jalan utama di tengah kota

jalan utama di tengah kota

Gonjong-gonjong gedung pemerintah

Gonjong-gonjong gedung pemerintah

pimpinan DPRD dari masa ke masa
pimpinan DPRD dari masa ke masa

Tugu Burung Garuda

Tugu Burung Garuda di pertigaan dari Sawahlunto belok ke kiri Sijunjung, lurus menuju Damasraya

tabik

