Sebagai orang Painan secara khusus dan Pesisir Selatan secara umum, anda harus bersiap dengan hari Sabtu yang tanpa lampu, artinya listrik anda akan di non aktifkan, biasanya dari jam 08.00-17.30 wib. Hal ini telah terjadi dalam jangka waktu yang amat panjang, saya sendiri lupa mengingatnya, saya juga tak tahu kapankah ini akan berakhir. Ia sih kadang-kadang ada juga hari sabtu yang listrik-nya menyala, tetapi kebanyakkan “maaf listrik yang anda hubungi, sedang tidak atif atau di luar jangkauan”.

Alas an kenapa listrik non aktifkan pada hari sabtu, dari ota-ota lapau yang berkembang, karena adanya pemasangan jaringan baru. Dan kenapa pula yang dipilih hari Sabtu, karena aktifitas kantor sedang tidak ada dan kegiatan tak terlalu membutuhkan listrik, namun ini hanya isu yang berputar disekitaran “ota lapau”. Informasi dan klarifikasi resmi dari PT PLN, sampai saat ini saya juga belum mengetahui. Bisa saja telah diinformasikan, saya saja yang lemah menangkap info, atau memang tak pernah ada informasi sama sekali.

Maka yang harus dilakukan oleh masyrakat painan (pessel), bagi yang mobile pada malam jumat harus mencas seluruh kebutuhanya, Mobile Phone, Laptop/ Notebook/ Netbook dan atau Tabletnya, jangan lupa sediakan juga modem agar mobile anda tidak terganggu. Untuk yang berurusan dengan makan jangan biarkan kulkas anda diisi oleh makanan yang cepat membusuk. Pastikan frizernya membeku. Selain itu yang sibuk dengan pekerjaan rumah, menggosok dan mencucui pakaian (yang pake mesin cuci), anda paling tidak harus membereskan semua pekerjaan itu sebelum pukul sabtu 08.00 wib, bangn lah subuh-subuh di hari Sabtu. Intinya seluruh urusan anda dengan listrik harus selesai menjelang jam 08.00 Wib.

Namun ada juga cara yang lebih baik, dan ini tren loh di kalangan para pejabat, sedikan saja disel/ genset listrik di rumah anda. Maka anda bisa berleha-leha, menikmati akir pekan dengan daya energi listrik yang melimpah. Tidak perlu memikirkan listrik tetangga yang lagi di non aktifkan :p

Bagi anda yang berorientasi perkembangan teknologi membuat hidup sumpek dan menjemukan, maka anda bersyukurlah untuk hari sabtu di kota ini, pastikan seluruh alat komunikasi anda habis batrai, nikmati hidup anda tanpa nada panggilan, nikmati setengah hari anda tanpa televisi (kotak laknat yang megubah hidup dalam sekejap),  dan bersorak riang gembiralah untuk hidup hening dan penuh renungan.

Terlepas dari cerita ngaur saya di atas atau apapun anlisisnya, kita berharap isu perbaikan jarngin itu benar adanya, dan cepat selesai. Listrik di Pesisir Selatan bisa di nikmati seluruh lapisan masyarakat, 24 jam, 7 hari. Kalaupun ada yang ingin lepas dengan eneri listrik seharian tinggal mematikannya secara individu. Kita juga tahu kok PLN tak akan sangat lelah di tanya dengan cara baik dan sangat tidak baik., “kenapa lampu mati, dimana kerusakan, kapan hidup”. Petugas PLN pun tak repot memperbaiki, menangggapi ocehan masyarkat tentang listrik padam, mungkin-mungkin PLN bisa melakukan pemberdayan/ pendampingan masyarakat yang berkaitan dengan energy listrik.

Namun untuk kawan-kawan ketahui, listrik di Painan tak hanya mati di hari Sabtu, haha hihihi hohoho

salam.

Iklan