Sebagai sebuah tindakan konkrit setalah Nonton dan Diskusi Film Gie, di Cici Motor, Minggu, 8 Agustus 2010, komunitas Halaman Pantai mengundang beberapa kawan-kawan dari komunitas, kampus, organisasi berbeda dalam diskusi akir pekan, Ma ota lapau“Pergerakan Konkrit Kaum Muda Pessel”hari Minggu, tgl 17 Oktober 2010, pukul  10.30 wib, di kafe Bang Epi (Carocok Painan).

Sedang Ma Ota lapau, beberapa perwakilan komunitas

Dalam undangan via sms dan facebook tersebut diundanglah, Novi Irwan (Langkisau Scooter Club), Krisma Giawan (Aktifis), Doni (STAI Balai Salasa), Phobi Kevin (FKSI MPS), Aci (IMAPES), Reno Fernandes (HMI), Youri Kayama (Sastra Unand). Karna kesibukan masing-masing individu (yang sangat dipahami), maka dalam diskusi tersebut yang dapat hadir adalah, kanda Novi, Doni, Youri, yang menyenangkan hadirnya kanda Dodon (Sekber Bikers) yang membagi banyak pengalamnya. Semantara dari Halaman Pantai, hadir Yuka, Andres dan Alice.

Lemahnya tradisi diskusi di daerah kita tentunya hal yang tak bias dibantah, namun banyaknya komunitas, organisasi, aktifis dan juga kampus tak bisa terpinggirkan, maka hadirnya kawan-kawan diota lapau Halaman Pantai tentunya suatu hal yang menyenangkan. Tradisi ota lapau, bercerita sambil ngopi di Minangkabau merupakan sesuatu yang sangat biasa, lumrahnya dalam ota lapau hadir gurauan, gunjingan, ide-ide dan tentunya sikap kritis terhadap kondisi sosisl di lokasi sekitar kita, (ini juga tentunya kritis terhadap komunitas, kampus, organisasi dari tiap kawan-kawan).

Dan dari cerita dan berpagi pengalaman yang dilakukan, maka lahirlah sebuah pergerakan kongkrit:

  1. 1.Nonton dan Diskusi Film tentang reproduksi remaja, memutar salah satu Film pendek dari kumpulan film “Perempuan Punya Cerita”. Komunitas Halaman Pantai dan Langkisau Scooter Club, Youri Kayama (Sastra Unand – akan baca puisi) bekerja sama (tepatnya numpang beken), dengan Bidan Desa di Bayang, akan mangadakan kegitan ini pada hari Sabtu, 23 Oktober 2010, Di MTsN Bayang.
  2. Nonton dan diskusi film dengan Komunitas Motor Se Pesisir Selatan di kadai Umak, Malam Minggu, 23 Oktober 2010. Sekber Bikers, Langkisau Scooter Club, Grecco dan Komunitas Halaman Pantai memutar film The Motor Cycles Diaries. Pemaknaan dari film ini, setelah selesai melakakuan perjalanan diharapkan komunitas motor dapat menemukan makna-makna tertentu dalam perjuangan dan pergerakan mereka.
  3. Penerbitan Buletin Independent Halaman Pantai, guna merekam rentetan kegiatan apa saja yang terjadi di Pesisir Selatan per bulan, kemudian mempublikasikan profil komunitas, profil oaring muda pesisr selatan, ruang sastra (cerpen-puisi), opini, dan artikel bagi siapa saja yang ingin menulis. Bagi yang ingin publikasi tulisannya atau fotonya karya atau naskah kawan-kawan dapat di kirim               ke halaman_pantai@yahoo.co.id. Kita juga memohon bantuan bagi siapa saja yang bias mengedit, layout dan desain, untuk dapat bergabung di buleten ini, untuk saat ini di ruang redaksi hanya  (Yuka Fainka, Youri Kayama, Andres Aditya).

Tentunya 3 poin penting yang akan direalisakan ini juga ditunjang dengan beberapa pergerakan ke depan lainnya, mengadakan nonton dan diskusi film di Balai Salasa, mengadakan pentas seni jalan di depan kadai Umak dan kegiatan-kegiatan lainya. Sepenggal catatan untuk berbagi dari Ma ota lapaupekan ini, kalo kurang mohon ditambahkan. Semoga hal-hal sederhana ini bisa kongkrit dan bermakna. Salam

Yuka Fainka – Komunitas Halaman Pantai.

dari: http://www.facebook.com/note.php?note_id=447692504763

Iklan